Selasa, 01 Januari 2013

Tugas Membuat Proposal




TUGAS MEMBUAT PROPOSAL
BAHASA INDONESIA
VIRUS ROGUE

NAMA                         : DIAN RETNO ANDRIYANI
KELAS                          : 3 KA 07
NPM                             : 11110972


Bab I
Pendahuluan
A.    Latar Belakang
Seiring dengan pesatnya penggunaan komputer di masyarakat. Komputer banyak digunakan oleh berbagai kalangan seperti pelajar, pekerja, pemerintah dan lainnya serta kehadiran komputer juga sudah digunakan disemua jenis  bidang baik kesehatan, pemerintahan, pendidikan, ilmu pengetahuan, bahkan militer. Pengunaan komputer tidak lepas dari adanya masalah , masalah yang paling sering muncul bagi pengguna komputer adalah adanya Virus dalam sistem komputer.
Hampir setiap hari pengguna komputer harus melakukan scanning dan dan cleaning terhadap Software Komputer dari berbagai serangan virus baru yang diciptakan untuk menghambat, merusak  atau bahkan  mengobrak-abrik sistem yang terdapat pada komputer  . Virus ada awalnya hanya menganggu sistem perangkat lunak (software) namun lama-lama bisa juga merusak perangkat keras (hardware). Bahkan virus yang sangat ganas dapat langsung melumpuhkan seluruh sistem yang  digunakan. Pengertian Virus komputer adalah aplikasi komputer dengan kapabilitas mampu melipat gandakan atau menduplikasi dirinya yang kemudian menyebarluaskan duplikasinya  ke aplikasi atau file lain.
Istilah virus komputer merupakan penamaan yang umum untuk mengilustrasikan berbagai macam serangan terhadap PC atau laptop. Virus-virus baru dibuat setiap harinya di internet. Dalam Proposal yang akan saya buat kali ini akan lebih membahas tentang salah satu virus komputer yang bernama virus Roque atau Ransomware
B.    Identifikasi Masalah
Bagi para pengguna PC atau laptop banyak yang menggangap bahwa virus pada komputer merupakan hal sepele padahal virus dapat menggakibatkan hal yang sangat penting seperti hilangnya data bahkan sampai rusaknya sistem. pengenalan jenis – jenis virus pada komputer juga kurang diperhatikan para pengguna seperti virus komputer yang bernama rogue banyak para pengguna yang tertipu dengan adanya virus ini dengan mendownload anti virus yang telah diintimidasi oleh pembuat anti virus untuk virus rogue. Maka dalam hal ini saya akan mencoba menperkenalkan virus rogue dan cara penanggananya bagi pengguna komputer.

C.     Rumusan Masalah
1.      Apa itu virus Rogue ?
2.      Bagaimana cara mengatasinya ?
3.      Apa dampak dari virus tersebut bagi komputer ?

D.    Tujuan
Agar pengguna lebih dapat memahami jenis komputer Rogue dan dapat mengantisipasi jika suatu saat komputer terinfeksi virus tersebut dan dapat melakukan tindakan secepat mungkin agar tidak merusak sistem komputer secara keseluruhan

E.     Manfaat Penulisan Ilmiah
Manfaat dalam pembuatan penulisan ilmiah yang membahas tentang virus Rogue ini adalah dapat memperkenalkan jenis virus ini kepada para pengguna PC atau laptop agar mengetahui dampak dari virus rogue ini dan lebih berhati – hati dalam mengunduh atau memasang aplikasi anti virus untuk laptop ataupun PC  serta manfaat yang didapatkan dari penulisan ilmiah ini untu lebih mengetahui cara pencegahan dan penanggulangan secepat mungkin agar virus rogue ini tidak merusak sistem pada PC atau Laptop dan memberikan keuntungan bagi pihak yang yang mencari keuntungan dengan cara yang salah.









BAB II
LANDASAN TEORI / HIPOTESIS
A.    Landasan Teori
1.     Pengertian Virus Rogue / Ramsomware
Adalah virus yang dibuat sengaja oleh user yang ingin mencari keuntungan dengan cara menyebarkan virus tersebut. Cara kerja virus ini adalah mengimitasi anti virus. Mereka beroperasi dan menampilkan diri di layar anda sebagai anti virus untuk memberikan warning atau notification tentang kehadiran virus-virus palsu.

2.     Cara penyebaran Virus tersebut
Cara penyebar virus ini dapat dilakukan dengan berbagai cara mulai dari penyebaran melalui Flash Disk / Flash Drive, infeksi di website yang dikunjungi, atau dari software atau game yang  dipakai, dan sebagainya.


3.     Tujuan diciptakan virus Rogue
Tujuannya adalah agar pengguna membeli dan mengaktivasi program antivirus palsu itu dan mendatangkan uang bagi pembuat virus rogue tersebut. Juga rogue dapat membuka celah keamanan dalam komputer guna mendatangkan virus lain.

4.     Cara Menanggulangi virus Rogue
Serangan virus dapat dicegah atau ditanggulangi dengan menggunakan Perangkat lunak (software) antivirus. Jenis perangkat lunak ini dapat juga mendeteksi dan menghapus virus komputer. Virus komputer ini dapat dihapus dengan basis data (database/ Signature-based detection), heuristik, atau peringkat dari program itu sendiri (Quantum). Serta jangan lupa untuk mengupgrade anti virus pada komputer agar dapat bekerja seefektif mungkin dan Jangan sembarangan download apalagi install program dari sumber yang tidak jelas. Bila anda butuh suatu program dan anda menemukannya di Internet, namun pembuatnya tidak cukup terkenal atau bonafide, konsultasikan dulu dengan teman anda yang lebih mengerti apakah program tersebut cukup aman untuk dipergunakan jangan mudah membeli lalu membayar pada oknum yang mencari keuntungan dengan cara menyebarkan virus untuk dapat mendownload anti virus yang dia buat, lebih diteliti dan ditanyakan lebih lanjut jika ingin membayar untuk membeli software tersebut kepada yang lebih ahli.





BAB III
PENUTUP
virus komputer merupakan salah satu masalah yang ada bagi para pengguna komputer dari jenis – jenis virus komputer yang ada salah satunya ada yang bernama virus rogue cara kerja virus ini adalah mengimitasi anti virus. Mereka beroperasi dan menampilkan diri di layar anda sebagai anti virus untuk memberikan warning atau notification tentang kehadiran virus-virus palsu. Sasarannya adalah menipu user agar membayar sejumlah uang untuk membeli dan mengaktifkan software anti virus gadungan tertentu yang mana akan menghasilkan pundi-pundi uang untuk pencipta virus Rouge. Maka bagi pengguna komputer harus lebih berhati – hati dalam menanggulangi virus yang satu ini dan jangan cepat membayar untuk membeli anti virus gadngan tersebut .








DAFTAR PUSTAKA :
-          infoting.blogspot.com/2011/06/pengertian-virus-komputer.html



















Tidak ada komentar:

Posting Komentar