Selasa, 08 Januari 2013

Masuk Angin


Menjaga kesehatan tubuh sangat penting agar dapat terhindar dari berbagai macam penyakit gaya hidup sehat seperti rajin berolah raga, mengkomsumsi makanan sehat , dan mengkonsumsi vitamin yang diperlukan oleh tubuh dapat membantu memperkecil kemungkinan tubuh terkena penyakit. Penyakit yang sering ditemui di masyarakat indonesia adalah masuk angin, bahkan masuk angin merupakan penyakit yang sangat terkenal di Indonesia sehingga mengakibatkan banyak produsen obat – obatan diIndonesia memproduksi obat untuk masuk angin.
Masuk angin dapat dikatakan penyakit yang disebabkan oleh tidak meratanya gas yang ada didalam tubuh sehingga menyebabkan keadaan tubuh kurang baik seperti pusing, mual, dan perut kembung. Penyebab terjadinya masuk angin juga bermacam – macam seperti kehujanan , kedinginan, terlalu lama berkendara motor, terlalu capek,  kurang tidur , terlambat makan , dan Stres .
Disini saya akan memberi tips sehat saya jika terkena masuk angin diantaranya :
1.      Minum jahe hangat
Jahe hangat adalah minuman yang dapat menhangatkan tubuh dari dalam sehingga dapat membantu menyembuhkan masuk angin . caranya ambil jahe sesuai kebutuhan rebus dengan air mendidih bisa dicampur dengan gula jawa atau madu untuk menambah kenikmatannya.
2.      Kerokan
Kerokan merupakan hal yang paling sering saya temui ketika orang terdekat saya mengalami masuk angin  dan merupakan salah satu alternatif yang sering dipakai masyarakt Indonesia dalam menghilangkan penyakit masuk angin. Oles kan minyak urut atau balsem lalu dikerok menggunakan koin jangan terlalu kencang tekanan saat mengerok karna dapat menyebabkan iritasi pada kulit. Saat dikerok biasanya akan bersendawa dan mengeluarkan gas dari dalam tubuh hal tersebut menandakan bahwa angin didalam tubuh sudah keluar
3.      Menggunakan botol yang diisi air hangat
Cara ini saya dapatkan dari salah satu kerabat saya , dia memberi tahu bahwa dengan mengisi air panas dicamur dengan air dingin secukup hingga menghasilkan air hangat sesuai selera yang diisi didalam botol beling seperti botol bekas sirup . setelah itu taro botol diatas perut dan di gelindingkan botol tersebut .
4.      Minum obat
Jika anda mengalami masuk angin diperjalanan atau anda tidak memiliki waktu luang untuk mengobati masuk angin dengan cara diatas dan ingin menghasilkan efek penyembuhan lebih cepat konsumsi obat masuk angin dengan dosis yang pas dan tidak berlebihan

Demikian Tips dari saya semoga bermanfaat bagi yang sedang menderita masuk angin  ;-)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar