Kamis, 24 Januari 2013

JAGALAH AKU , MAKA TIDAK AKAN BANJIR !!!!!




Sungai Ciliwung merupak sungai yang mengalir ditengah kota Jakarta yang merupakan ibukota dari negara Indonesia, Sungai Ciliwung saat ini kondisinya tidak sama seperti yang dulu dimana saat itu sungai ini  masih dapat dilayari oleh perahu yang cukup besar sampai ke tengah kota, di daerah sekitar Jl. Gajah Mada dan Harmoni, sering diselenggarakan perayaan tahunan pek cun atau peh cun, yakni perayaan perahu berhias bagi orang Cina di Jakarta. Kini, air sungai sudah keruh ketika mencapai Jakarta, karena daerah alirannya merupakan tempat pembuangan limbah. Akibatnya, dasar sungai itu semakin dangkal dan alirannya semakin lambat.
Sungai Ciliwung saat ini memegang rekor sebagai sungai terkotor didunia sungguh amat disayangkan, semua ini disebabkan budaya masyarakat yang tinggal didaerah sekitar Sungai Ciliwung yang selalu membuang sampah dialiran sungai sehingga menyebabkan tumpukan sampah yang sangat banyak. Tumpukan sampah ini dapat menyebabkan bencana bagi masyarakat luas seperti bencana yang sudah sangat akrab dan tidak asing lagi bagi rakyat Jakarta yaitu Banjir. Seperti yang belum lama terjadi diawal tahun 2013 banjir merendam 70% wilayah ibukota akibat meluapnya Sungai Ciliwung banyak kerugian yang disebabkan oleh banjir seperti berhentinya kegiatan ekonomi, hilangnya harta benda masyarakat , timbulnya berbagai benyakit ,dll
Banjir yang dengan mudahnya datang dikota Jakarta dapat ditimbulkan oleh beberapa faktor seperti banyaknya bangunan perumahan yang berdiri dibantaran sungai Ciliwung sehingga berkurangnya luas aliran sungai tersebut , banyaknya lahan yang seharusnya menjadi daerah hijau   disekitar bantaran sungai sudah disulap menjadi perumahan sehingga daerah yang seharusnya dijadikan serapan air menjadi hilang fungsinya.
Sebaik apapun Program yang pemerintah DKI Jakarta buat untuk mengguranggi banjir dijakarta akan menjadi sia – sia apabila kesadaran masyarakat untuk tidak membuang sampah dialiran Sungai Ciliwung tidak juga tumbuh. Maka dari itu Jagalah Sungai Ciliwung agar tidak terjadi Banjir ditahun – tahun kedepan.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar