Sabtu, 07 April 2012

Tugas TOU2 No. 2

soal
1. Apakah yang dimaksud dengan ongkos ? dan sebutkan macam – macam ongkos serta jelaskan !
2. Apakah yang dimaksud dengan pasar ? pasar persaingan sempurna , pasar monopoli , pasar monopolistis , pasar oligopoli ?
3. apakah yang dimaksud dengan pendapatan nasional ? jelaskan mengenai masalah dan keterbatasan pendapatan domestic bruto !
4. Apakah yang dimaksud dengan konsumsi , tabungan dan investasi ? jelaskan mengenai pertumbuhan ekonomi , inflasi dan pengangguran !
5. Apakah yang dimaksud dengan uang dan bank ? dan apakah yang dimaksud dengan kebijakan moneter dan kebijakan fiskal ?

Jawab :
1 . Ongkos adalah semua biaya yang dipakai dalam proses tertentu
Macam – macam ongkos :
1) Biaya Tetap , merupakan balas jasa dari pada pemakaian faktor produksi tetap (fixed factor), yaitu biaya yang dikeluarkan tehadap penggunaan faktor produksi yang tetap dimana besar kecilnya biaya ini tidak dipengaruhi oleh besar kecilnya output yang dihasilkan.
2) Biaya tidak tetap, yaitu merupakan biaya yang dikeluarkan sebagai balas jasa atas pemakaian variabel faktor, yang besar kecilnya dipengaruhi langsung oleh besar kecilnya output.
3) Biaya Total , yaitu merupakan jumlah keseluruhan dari biaya tetap dan biaya tidak tetap.
4) Biaya Rata-rata , yaitu merupakan ongkos persatu satuan output; baik untuk biaya rata-rata tetap (avarage fixed cost) dan biaya rata-rata variabel (avarage variable cost) dan rata-rata total (avarage total cost), diperoleh dengan jalan membagi biaya Total dengan jumlah output yang dihasilkan.
5) Biaya Marginal , yaitu merupakan biaya tambahan yang diakibatkan dari penambahan satu-satuan unit output.
6) Biaya Tetap Rata-Rata , biaya hasil bagi biaya tetap dengan jumlah yang dihasilkan.
7) Biaya Variabel Rata-Rata, diperoleh dengan jalan membagi biaya variabel dengan jumlah produk yang dihasilkan.


2. Pasar adalah tempat bertemunya calon penjual dan calon pembeli barang dan jasa.
- pasar persaingan sempurna : adalah sebuah jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang sangat banyak dan produk yang dijual bersifat homogen
- pasar monopoli : adalah suatu bentuk pasar yang hanya terdapat satu perusahaan saja atau bisa disebut suatu pasar yang penjualnya hanya ada satu dan pembelinya banyak dan menghasilkan barang yang tidak mempunyai pengganti.
- pasar monopolistis : adalah salah satu bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. Penjual pada pasar monopolistik tidak terbatas, namun setiap produk yang dihasilkan pasti memiliki karakter tersendiri yang membedakannya dengan produk lainnya.
- pasar oligopoli : adalah pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh.


3. Pendapatan Nasional adalah adalah jumlah pendapatan yang diterima oleh seluruh rumah tangga keluarga (RTK) di suatu negara dari penyerahan faktor-faktor produksi dalam satu periode,biasanya selama satu tahun.
Masalah dan keterbatasan pendapatan domestik bruto
a.) Perhitungan PDB dan Analisa Kemakmuran
Perhitungan PDB akan memberikan gambaran ringkas tentang tingkat kemakmuran suatu negara, dengan cara membaginya dengan jumlah penduduk (disebut PDB per kapita). Kelemahan dari pendekatan di atas adalah tidak memperhatikan aspek distribusi pendapatan. Akibatnya angka PDB per kapita kurang memberikan gambaran rinci tentang kondisi kemakmuran suatu negara
b.) Perhitungan PDB dan Masalah Kesejahteraan Sosial
Ada hubungan yang positif antara tingkat PDB per kapita dengan tingkat kesejahteraan sosial. Makin tinggi PDB per kapita, tingkat kesejahteraan sosial makin membaik. Hubungan ini dapat dijelaskan dengan menggunakan logika sederhana. Jika PDB per kapita mkin tinggi, maka daya beli masyarakat, kesempatan kerja serta masa depan perekonomian makin membaik. Masalah mendasar dalam perhitungan PDB adalah tidak diperhatikannya dimensi nonmaterial. Sebab PDB hanya menghitung output yang dianggap memenuhi kebutuhan fisik/ materi.


4. – konsumsi adalah kegiatan menggunakan atau memakai barang dan jasa
– Tabungan bagian dari pendapatan yang tidak dikonsumsikan
– Investasi adalah pembelian (dan produksi) dari modal barang yang tidak dikonsumsi tetapi digunakan untuk produksi yang akan datang (barang produksi
– Pertumbuhan Ekonomi : Pertumbuhan ekonomi diartikan sebagai proses kenaikan output per kapita dalam jangka panjang
– Inflasi adalah proses menurunnya nilai mata uang secara kontinu. Inflasi adalah proses dari suatu peristiwa, bukan tinggi-rendahnya tingkat harga.
– Pengangguran : adanya ketimpangan antara lahan pekerjaan dengan kebutuhan orang untuk pekerjaan.


5. – uang adalah merupakan alat tukar dan alat pembayaran yang sah.
– bank adalah tempat menyimpan atau menginvestasikan uang.
Kebijakan moneter : adalah proses mengatur persediaan uang sebuah negara untuk mencapai tujuan tertentu seperti menahan inflasi, mencapai pekerja penuh atau lebih sejahtera.
Kebijakan fiskal : merujuk pada kebijakan yang dibuat pemerintah untuk mengarahkan ekonomi suatu negara melalui pengeluaran dan pendapatan (berupa pajak) pemerintah.Instrumen utama kebijakan fiskal adalah pengeluaran dan pajak. Perubahan tingkat dan komposisi pajak dan pengeluaran pemerintah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar