Sabtu, 28 April 2012

STRUKTUR PASAR

Pasar
Dalam pengertian sederhana, pengertian pasar adalah sebagai tempat bertemunya pembeli dan penjual untuk melakukan transaksi jual-beli barang dan jasa. Sedangkan arti pasar adalah suatu tempat dimana pada hari tertentu para penjual dan pembeli dapat bertemu untuk jual-beli barang.

Klasifikasi pasar terdiri dari 2 jenis yaitu pasar tradisional dan modern, pasar tradisional adalah pasar dimana penjual dan pembeli melakukan transaksi secara langsung sedangkan pasar modern adalah pasar dimana pembeli tidak bertransakasi secara langsung melainkan pembeli melihat label harga yang tercantum dalam barang (barcode), berada dalam bangunan dan pelayanannya dilakukan secara mandiri (swalayan) atau dilayani oleh pramuniaga

Pasar Menurut Luas Jangkauan terdiri dari :
  •  Pasar daerah 
  •  Pasar lokal 
  •  Pasar nasional 
  •  Pasar internasional 

Struktur pasar merupakan penggolongan pasar berdasarkan strukturnya. Dibagi menjadi beberapa bagian yaitu :
1. Pasar persaingan sempurna: Jenis pasar dengan jumlah penjual dan pembeli yang banyak dan produk yang dijual bersifat homogen.
2. Pasar persaingan tidak sempurna yang terdiri atas:
  •  Pasar monopoli: Hanya terdapat satu penjual yang menguasai pasar. 
  •  Pasar oligopoli: Pasar di mana penawaran satu jenis barang dikuasai oleh beberapa perusahaan. Umumnya jumlah perusahaan lebih dari dua tetapi kurang dari sepuluh. 
  •  Pasar duopoli: Memiliki karakteristik yang sama dengan oligopoli, namun pada Pasar duopoli hanya ada dua perusahaan.
  •  Pasar persaingan monopolistik Bentuk pasar di mana terdapat banyak produsen yang menghasilkan barang serupa tetapi memiliki perbedaan dalam beberapa aspek. 
  •  Pasar monopsoni Jenis pasar dimana hanya ada satu pembeli. 
  •  Pasar oligopsoni adalah bentuk pasar dimana barang yang dihasilkan oleh beberapa perusahaan dan banyak perusahaan yang bertindak sebagai konsumen.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar