Konsumen adalah seseorang yang menggunakan atau memakai barang dan jasa untuk dirinya sendiri,keluarganya,dan juga orang lain. Perilaku itu adalah tindakan yang dilakukan seorang individu dalam mengambil keputusan . jadi perilaku konsumen adalah perilaku atau tindakan dari konsumen tunjukan dalam mencari , menukar , menilai , menggatur , dan memilih barang atau jasa yang dianggap dapat memenuhi kebutuhan konsumen itu sendiri.
Faktor – faktor yang dapat mempengaruhi perilaku konsumen adalah sebagai berikut :
- Pengaruh lingkungan yang terdiri dari budaya , kelas sosial , lingkungan keluarga , dan situasi. Dasar utama sebagai seorang konsumen adalah keempat faktor diatas yang dapat mempengaruhi terbentuk atau terhambatnya suatu individu dalam menggambil keputusan untuk berkonsumsi.
- Perbedaan dan Pengaruh Individu, merupakan faktor internal dari konsumen untuk menggerakan atau mempengaruhi perilakunya. Terdiri dari lima faktor yaitu motivasi , keterlibatan , pengetahuan , sikap , dan juga gaya hidup.
- Proses Psikologi yang terdiri dari penggolaan informasi , pembelajaran , perubahan sikap dan perilaku . ketiga faktor tersebut dapat mempengaruhi minat konsumen dalam mengambil keputusan .
Proses pengambilan keputusan pembelian
Sebelum dan sesudah melakukan pembelian, seorang konsumen akan melakukan sejumlah proses yang mendasari pengambilan keputusan, yakni
- Pengenalan masalah : Konsumen akan membeli suatu produk sebagai solusi atas permasalahan yang dihadapinya. Tanpa adanya pengenalan masalah yang muncul, konsumen tidak dapat menentukan produk yang akan dibeli.
- Pencarian informasi : Setelah memahami masalah yang ada, konsumen akan termotivasi untuk mencari informasi untuk menyelesaikan permasalahan yang ada melalui pencarian informasi.Proses pencarian informasi dapat berasal dari dalam memori (internal) dan berdasarkan pengalaman orang lain (eksternal).
- Mengevaluasi alternatif : Setelah konsumen mendapat berbagai macam informasi, konsumen akan mengevaluasi alternatif yang ada untuk mengatasi permasalahan yang dihadapinya.
- Keputusan pembelian : Setelah konsumen mengevaluasi beberapa alternatif strategis yang ada, konsumen akan membuat keputusan pembelian.Terkadang waktu yang dibutuhkan antara membuat keputusan pembelian dengan menciptakan pembelian yang aktual tidak sama dikarenakan adanya hal-hal lain yang perlu dipertimbangkan.
- Evaluasi pasca pembelian : merupakan proses evaluasi yang dilakukan konsumen tidak hanya berakhir pada tahap pembuatan keputusan pembelian.Setelah membeli produk tersebut, konsumen akan melakukan evaluasi apakah produk tersebut sesuai dengan harapannya.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar